EKSKURSI PLANOLOGI UNDIP ANGKATAN 2010


Jika dilihat dari pilihan katanya, Ekskursi. yaitu Eks = Bekas & Kursi = Media untuk duduk, maka dapat disimpulkan bahwa…

Ekskursi adalah studi langsung ke lapangan. Kali ini Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro mengadakan Ekskursi di tahun 2011 ini untuk para planner angkatan 2010. Disusun berdasar kan Term of Reference… (ndak bener??) Mata Kulaih Geologi Lingkungan. hhehe. Lokasi studi kami ada 3. yakni

1. Kel. Pongangan, Gunungpati.

2. Goa Kreo, Waduk Jatibarang.

3. kel. Dadapsari, Semarang Utara

Diharapkan studi ke lapangan, kita dapat secara langsung mengamati fenomena geologi Lingkungan dan permasalahn yang ada di masyarakat.

Jam setengah 6, kamu semua kumpul di kampus PWK.

Membawa semua bekal yang harus dipersiapkan. Semua panitia bekerja keras mengatur teman-temannya. Mengecek barang2, bus, p3k, konsumsi, dll. Bis berangkat pukul 7, walaupun sempat molor. tapi cuman dikit kok.hhe. Berangkat!!!!!!!!!!!!!!! Bismillah…

Next,,, untuk Studi pertama, angkatan kami melakukan pengamatan langsung ke SMP N 35, di Pongangan.

1. LOKASI PERTAMA

SMP N 35 terletak di Kelurahan Pongangan, Kecamatan Gunungpati Semarang. Berada di sekitar Topografi 8-15% & 15-25 %. Memiliki Stratigrafi berupa Formasi Kaligetas. Dengan Litologi Stadia tua ke muda yakni, Breksi Vulkanik,  Aliran lava, Tuf, Batupasir tufan, dan Batu lempung. Memiliki Morfologi yang bergelombang. Hidrologi nya berada di sekitar Kali Kandri. Hidrogeologi termasuk akuifer produktifitas sedang. Bahaya Geologi yang ada berupa longsor, dan amblesan.
SMP N 35 dulu masih terlihat bagus, namun sekarang luluh lantah akibat amblesan dan longsor. Berikut gambar SMPN 35 saat masih bagus2 nya dari tampak atas.,,

Namun kemarin kondisinya sangat memprihatinkan, semuanya hilang tinggal reruntuhan.  Penyebab hal tersebut adalah adanya longsoran atau pergeseran tanah yang disebut dengan Pergeseran Rotasi, yaitu memiliki bidang gelincir seperti pipa. Hal ini sering terjadi pada kawasan yang memiliki bentuk lahan struktural, dan berbentuk seperti pipa U.

SMP N 35 berada pada salah satu lokasi tersebut.  Jika diperbesar gambarnya, akan terlihat betapa miringnya lokasi tersebut.

Terlihat jelas kan, SMP N 35 dibangun pada lokasi yang miring dan memang rawan longsor, karena kandungan tanah di atasnya kebanyakan batu lempung. Untuk rekomendasi atau saran, sebaiknya kawasan ini tidak digunakan untuk daerah pemukiman dsb. Kawasan Pongangan lebih tepat untuk kawasan konservasi.

2. LOKASI KEDUA

Lokasi selanjutnya adalah Goa Kreo,  yang terletak di Kelurahan kandri, Kecamatan Gunungpati. Di sini terdapat megaproyek yang disebut dengan pembuatan waduk Jatibarang.

Lokasi Goa kreo berada pada Topografi 25-40% dan >40%, termasuk dalam Morfologi sangat curam. Untuk Hidrologi sendiri, Lokasi Goa Kreo dialiri Sungai besar yakni Kali Kreo. Kreo termasuk dalam kawasan Stratigrafi dengan Formasi Damar. Litologi nya Breksi Vulkanik, Konglomerat dan batupasir tufan. untuk Bahaya Geologi sendiri, belum dapat diketahui secara pasti, namun dengan adanya proyek pembuatan Waduk Jatibarang ini, diharapkan dapat menormalisasikan debit sungai yang mengalir menuju ke Semarang Utara, dsb sehingga dapat mengurangi banjir dan rob.

3. LOKASI KETIGA

Lokasi selanjutnya terletak di kelurahan Dadapan, Kecamatan Semarang Utara.

Lokasi Kelurahan Dadapsari berada pada Topografi 0-8% dan 8-15%, termasuk dalam Morfologi yang datar dan landai. Untuk Hidrologi sendiri,Kelurahan Dadapsari dialiri Sungai besar yakni Kali Semarang. Kelurahan ini termasuk dalam kawasan Stratigrafi dengan Formasi Aluvium. Litologi umumnya Batu lempung dan pasir, berisi endapan – endapan sungai seperti pasir, lanau, dan lempung. Bahaya Geologi yang ada di kawasan ini adalah Banjir dan Amblesan tanah.

Amblesan tanah yang terjadi di sini sangat memprihatinkan, selama 24 tahun kelurahan ini sudah meninggikan tanah mereka setinggi 1,2 meter, bahkan lebih. Untuk sumur sendiri, di kelurahan ini hingga kedalaman kurang dari 1 meter sudah dapat mendapatkan air. Hal ini membuktikan bahwa Muka Air Tanah sangatlah dangkal. Jika air bawah tanah di eksploitasi secara besar2 an, maka kandungan air bawah tanah akan berkurang. sehingga akan terdapat ruang yang kosong pada tanah didalamnya. lama kelamaan, tanah akan semakin ambles. Ada 3 Penyebab yang dapat ditarik kesimpulan amblesnya tanah di Semarang Utara.

1. Litologi batuan itu sendiri,

Litologi aluvium memang lebih dikenal dengan endapan-endapan dari sungai. Komposisi dari batuan ini memang sangat lemah, dibandingkan dengan Breksi Vulkanik maupun Breksi Lava, dan Lahar.

2. Beban yang ada di atas Litologi

Jika masyarakat membangun terus menerus rumah maupun gedung di Semarang Utara umumnya, lama kelamaan Tanah yang ada dibawahnya akan terus turun karena menahan beban yang ada diatasnya. Akibatnya tanah disini akan semakin ambles.

3. Adanya Eksploitasi air tanah yang berlebihan

Jika masyarakat terus menerus mengambil air bawah tanah, membuat sumur, kandungan air bawah tanah akan berkurang. Air yang harusnya mengisi tanah yang ada dibawah, akan ketarik ke atas, dan menyebabkan tanah tersebut rawan ambles karena kandungan airnya berkurang.

Ada lagi ancaman bagi warga sekitar di daerah Semarang Utara, yakni Intrusi Air Laut. Berdasarkan penyebab nomor 3 diatas, dapat pula menyebabkan Intrusi. Daerah air yang terambil oleh masyarakat, akan memiliki tekanan air yang rendah. Padahal di bagian utara merupakan Laut Jawa yang mengandung air dengan kandungan garam dengan tekanan air yang tinggi. Jika hal ini terus berlanjut, Air laut akan masuk dan ketarik oleh sumur-sumur yang ada di masyarakat. sehingga dapat pula menyebabkan gangguan kesehatan di masyarakat, khususnya untuk air minum dan untuk melakukan kegiatan sehari2.

Semoga bermanfaat🙂
Maaf apabila ada kesalahan dalam susunan kata

Septa Yudha Ardiansyah

About septaoujisama7

I'm a little boy...who is like cosplay.. especialy Syaoran.. I'm is Ordinary Boy.. like this..

Posted on June 19, 2011, in About Planologi. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. weehhh keren nih link

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: